Kado Hari Kasih Sayang

0 Comments

Irene

ditulis oleh Irene Raflesia, M.Psi, Psikolog

Psikolog Dewasa klinik Psikologi Pelangi

Hari Kasih Sayang atau lebih dikenal dengan Hari Valentine sudah dekat. Hari ini biasanya memberikan kita kesempatan untuk merenungkan seberapa besar kasih sayang yang selama ini telah kita peroleh dan bagaimana kualitas hubungan antara kita dan orang-orang terdekat. Lajang ataupun berpasangan, kita semua memiliki kebutuhan untuk memiliki hubungan dan ikatan emosional dengan orang lain. Kebutuhan ini tidak hanya tersalurkan pada pasangan saja, namun dapat terpenuhi melalui jalinan hubungan yang dekat dengan keluarga, sahabat, dan teman-teman (Galperin, 2016).

Salah satu cara untuk mengungkapkan kasih sayang yang umum kita temui adalah memberikan kado. Memberi kado dapat dipandang sebagai bentuk pertukaran sosial yang menitikberatkan pada penguatan hubungan antara seseorang dan keluarga atau rekan-rekannya. Dengan kata lain, kado ini berfungsi sebagai instrumen untuk mengekspresikan emosi kita guna menjaga hubungan timbal balik yang terjalin antara diri kita dan orang lain (Nicholson, 2012).

Jika Anda mengalami kebingungan dalam memberikan kado, simak tips-tips berikut untuk mempermudah pencarian Anda:

  1. Kenali apa yang diinginkan oleh orang terdekat Anda

Kado akan menjadi lebih berarti apabila pemberi mempertimbangkan dengan seksama tentang apa yang menjadi kebutuhan penerima. Memberikan kado yang tepat akan menimbulkan perasaan bersyukur pada diri penerima serta adanya rasa dipahami oleh pemberi kado (Nicholson, 2012). Pertimbangkanlah jenis kado apa yang paling dapat membuat orang terdekat Anda merasa betul-betul dipahami. Misalnya, apabila seorang teman memiliki hobi mengoleksi kartu pos, maka memberikan kartu pos yang belum dimiliki akan menjadi kado yang istimewa dan personal untuk dirinya.

Valentine

  1. Berikan pengalaman baru sebagai hadiah

Pemberian kado berupa pengalaman baru terbukti memiliki efek positif terhadap peningkatan hubungan antara pemberi dan penerima kado. Hal ini dikarenakan penerima kado menarik kesimpulan dengan cara mengaitkan dengan emosi yang muncul saat kado tersebut digunakan, bukan pada saat kado tersebut diterima (Cohen, 2016). Meski dilihat dari sifat, pengalaman tidak memiliki bentuk fisik dan tidak dapat digunakan secara berulang, pengalaman ini akan tetap hidup dalam kenangan yang akan dapat terus dikenang serta memperkaya emosi penerima. Kado yang termasuk kategori ini adalah memberikan tiket konser penyanyi favorit, kupon perawatan spa di salon, dan sebagainya.

  1. Berbagilah hal yang berarti bagi diri Anda

Penelitian membuktikan bahwa baik pemberi maupun penerima kado melaporkan kedekatan yang lebih erat ketika hal yang diberikan tersebut merefleksikan pemberinya (Ankin & Human, 2015). Kado yang Anda berikan ini dapat berupa buku ataupun barang favorit Anda. Dengan berbagi hal favorit ini, Anda secara tidak langsung menyatakan kepedulian Anda terhadap penerima agar ia dapat mengalami hal yang sama.

valen2

Hubungan interpersonal, sebagaimana layaknya dengan pemberian kado, dibangun atas dasar saling menghargai satu sama lain. Oleh karena itu, apa pun bentuk kado yang Anda peroleh, hargailah perhatian dan pertimbangan mereka dalam memilihkan kado untuk Anda. Kado yang diberikan pun tidak selalu harus mengeluarkan sejumlah besar uang. Selama Anda dapat memberikan perhatian penuh, menyisihkan sebagian waktu Anda untuk orang-orang terdekat, dan mengesampingkan keinginan Anda untuk selalu memeriksa ponsel setiap saat, dengan sendirinya hubungan Anda akan menjadi lebih dekat dan mendorong keinginan untuk saling berbagi kasih dan sayang. Selamat hari Valentine.

Ankin, L. B. & Human, L. J. (2015). Give a piece of you: Gifts that reflect givers promote closeness. Journal of Experimental Social Psychology, 60, 8-16.

Cohen, M. (2016). Giving the Gift of an Experience this Valentine’s Day. Diambil dari: www.scienceofrelationships.com/home/2016/2/5/giving-the-gift-of-an-experience-this-valentines-day.html

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *